, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat peningkatan jumlah penumpang Whoosh Pada Hari Jumat, tanggal 28 Maret 2025, yang berarti tiga hari sebelum Idul Fitri. Estimasi jumlah penumpang pada hari itu diperkirakan akan meningkat menjadi antara 18 hingga 20 ribu orang, mengalami kenaikan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya di mana rata-ratanya adalah sekitar 16 ribu penumpang setiap harinya.

KCIC mengestimasi kenaikan pengguna sebesar 30% selama musim lebaran, yang dapat meningkat menjadi 24 ribu orang setiap harinya. Untuk memberi perbandingan, biasanya Whoosh melayani antara 16 sampai 18 ribu penumpang dalam satu hari kerja dan naik ke 18 sampai 21 ribu di akhir pekan.

"Kenaikan jumlah penumpang diproyeksikan akan mencapai titik tertingginya antara tanggal 2 sampai 11 April, terlebih lagi untuk jalur perjalanan dari Halim menuju Bandung serta arah yang berlawanan," ujar Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa melalui pernyataan tertulis, Jum'at, 28 Maret 2025.

KCIC menyarankan agar publik secepatnya memesan tiket lewat saluran daring seperti aplikasi Whoosh, situs web ticket.kcic.co.id, layanan Access by KAI, Livin' oleh Mandiri, BRImo, Wondr dari BNI, serta Tiket.com atau secara luring di konter dan mesin penjual otomatis di stasiun.

Sepanjang musim mudik Lebaran tahun ini, yaitu mulai tanggal 21 Maret sampai 11 April 2025 (dari H-10 hingga H+10 terhadap Hari Raya Lebaran), KCIC merencanakan untuk menjalankan sebanyak 1.346 kali penerbangan Whoosh dengan jumlah kursi keseluruhan mencapai 808 ribu seat. Tiap harinya akan ada 62 layanan Whoosh yang disediakan secara berkala setiap 30 menit sekali—angka tersebut meningkat sebesar 20 persen jika kita bandingkan dengan periode mudik di tahun 2024 lalu dimana hanya ada 52 rute perhari saja.

Guna memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan, KCIC mengerahkan 530 petugas keamanan yang terdiri dari personel internal KCIC, TNI, dan Polri. Selain itu, sebanyak 50 petugas Passenger Service Mobile disiagakan di berbagai stasiun untuk membantu pelayanan penumpang.

Bagaimana Pendapat Analis serta Ahli Ekonomi Tentang Struktur Keorganan PT Danatama?

Post a Comment

أحدث أقدم